Artikel Medis


KONSERVASI GIGI

RS Santa Maria Pekanbaru / 27-10-2015

Konservasi gigi (endodontis) merupakan salah satu dari 8 kategori dokter gigi spesialis. Konseervasi gigi bertujuan untuk mempertahankan dan mengembalikan fungsi normal gigi.

·         Pencegahan dan penanggulangan gigi berlubang dengan memberi edukasi dan motifasi ke pasien bagaimana merawat gigi yang baik dan benar, seperti cara sikat gigi yang benar, memberikan  fissure sealant pada karies superfisial/ karies permukaan, dan komsumsi makanan sehat.

·         Restorasi

Restorasi gigi pada dokter gigi spesialis konservasi sangat memperhatikan anatomi, morfologi, dan warna gigi, sehingga gigi yang ditumpat terlihat seperti gigi yang semula/ tidak kelihatan tumpatannya serta mengembalikan fungsi normal gigi tersebut (dapat mengunyah).


Gambar 1. Sebelum Penumpatan



Gambar 2. Setelah Penumpatan

·         Estetik dan Kosmatik Gigi

Gigi geligi merupakan salah satu yang mendukung kecantikan wajah kita. Tidak heran perawatan ideal diperlukan untuk memperbaiki setiap kelainan dan kerusakannya. Estetik dan kosmatik gigi dalam dunia konservasi gigi seperti bleaching (memutihkan gigi)  dan veneering (memperbaiki estetik khusus untuk beberapa gigi anterior/ gigi depan).

 

Gambar 3. Sebelum bleaching 

                 
Gambar 4. Setelah Bleaching

 



Gambar 5. Sebelum Veneer
 
  
                                
Gambar 6. Setelah Veneer

 

·         Endodontic treatment/ Perawatan Saluran akar

Indikasi dari endodontic treatment adalah Sakit gigi berdenyut, abses gigi, dan karies/ lubang gigi yang luas. Keluhan-keluhan ini mengganggu segala aktifitas bahkan mood menjadi sensitive. Banyak sekali masyarakat yang memiliki keluhan seperti ini mencabut giginya. Padahal gigi seperti ini masih bisa dipertahankan dan dikembalikan fungsi normalnya asalkan akar gigi masih sehat (tidak patah dan tidak goyang).


Gambar 7. Abses Gigi

    

Gambar 8. Rontgen foto abses gigi

 

Implant / Posterior CrownHasil gambar untuk ENDODONTIC TREATMENT PROCEDURE


Gambar 9. Setelah Perawatan saluran  akar   

                     

Gambar 10. Foto rontgen setelah perawatansaluran akar    

Konservasi gigi memberi peluang mempertahankan dan mengembalikan fungsi gigi menjadi besar, sehingga dapat mengurangi pencabutan gigi. Gigi yang sehat dan putih meningkatkan kepercayaan diri.


fan page RS. Santamaria Pekanbaru twitter RS. Santamaria Pekanbaru
Copyright ©2015 RS. Santa Maria Pekanbaru. All Rights Reserved.