Artikel Medis


Mengenal Diabetes Mellitus

dr. Silvia Gozali Surono / 09-12-2016
Diabetes Mellitus (DM) merupakan penyakit metabolik yang berlangsung kronik dimana penderita diabetes tidak bisa memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup atau tubuh tidak mampu menggunakan insulin secara efektif hingga terjadilah kelebihan gula di dalam darah dan baru dirasakan setelah terjadi komplikasi lanjut pada organ tubuh.
Diabetes Mellitus sering disebut sebagai the great initiator  karena penyakit ini dapat mengenai semua organ tubuh dan menimbulkan berbagai macam keluhan dengan gejala sangat bervariasi. Gejala-gejala tersebut dapat berlangsung lama tanpa diperhatikan sampai ketika orang tersebut pergi ke dokter dan diperiksa kadar glukosa darahnya. Terkadang gambaran klinik dari diabetes tidak jelas dan diabetes baru ditemukan pada saat pemeriksaan penyaring atau pemeriksaan untuk penyakit lain.

Tanda dan Gejala Diabetes Mellitus

Keluhan utama pada pasien Diabetes Mellitus (DM) seperti sering haus, sering buang air kecil. Pada DM lanjut usia pada umumnya tidak ada. Sebaliknya yang sering mengganggu pasien adalah keluhan akibat komplikasi degeneratif kronik pada pembuluh darah dan saraf. Pada DM usia lanjut, terdapat perubahan akibat proses menjadi tua sehingga gambaran klinisnya bervariasi dari kasus tanpa gejala sampai dengan komplikasi yang lebih lanjut.
Hal yang sering menyebabkan pasien datang berobat ke dokter adalah adanya keluhan yang mengenai beberapa organ tubuh, antara lain :
- Gangguan penglihatan : katarak
- Kelainan kulit : gatal dan bisul-bisul
- Kesemutan, rasa baal
- Kelemahan tubuh
- Luka atau bisul yang tidak sembuh-sembuh
- Infeksi saluran kemih

Kelainan kulit berupa gatal, biasanya terjadi di daerah genital ataupun daerah lipatan kulit lain, seperti di ketiak dan di bawah payudara, biasanya akibat tumbuhnya jamur. Sering pula dikeluhkan timbulnya bisul-bisul atau luka lama yang tidak mau sembuh. Luka ini dapat timbul akibat hal sepele seperti luka lecet karena sepatu, tertusuk peniti dan sebagainya. Rasa baal dan kesemutan akibat sudah terjadinya neuropati juga merupakan keluhan pasien, di samping keluhan lemah dan mudah merasa lelah. Keluhan lain yang mungkin menyebabkan pasien datang berobat ke dokter ialah keluhan mata kabur yang disebabkan oleh katarak ataupin gangguan-gangguan refraksi akibat perubahan-perubahan pada lensa akibat hiperglikemia.

Tanda-tanda dan gejala klinik Diabetes Mellitus pada lanjut usia :
- Penurunan berat badan yang drastis dan katarak yang sering terjadi pada gejala awal
- Infeksi bakteri dan jamur pada kulit dan infeksi saluran kemih sulit untuk disembuhkan
- Gangguan saraf seperti kebas, kelemahan otot dan rasa sakit, terganggunya saluran pencernaan/diare, jantung dan pembuluh darah (impoten), dan kencing yang tidak tertahan
- Penyakit jantung, stroke, luka yang membusuk


fan page RS. Santamaria Pekanbaru twitter RS. Santamaria Pekanbaru
Copyright ©2015 RS. Santa Maria Pekanbaru. All Rights Reserved.