V I S I

” Menjadi rumah sakit dengan mutu pelayanan terbaik di Sumatera.”

M I S I

1.  Memberikan pelayanan  prima yang berorientasi pada keselamatan pasien

https://lh3.googleusercontent.com/-NWS1I9viK2I/Via6m7L2i3I/AAAAAAAAAH8/8Appn-Hu33M/s640-Ic42/kalender%252520rssmpku2cropeup.jpg

2.  Meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia

https://lh3.googleusercontent.com/-xbQVitUGSdM/Via6kYsna_I/AAAAAAAAAH0/Txoc1Tnp6V0/s640-Ic42/kalender%252520rssmpku3cropeup.jpg

3.  Meningkatkan sarana dan prasarana

https://lh3.googleusercontent.com/-TzONGZAxgbk/Via6p6OjMrI/AAAAAAAAAIE/EXpZBjCah7k/s640-Ic42/kalender%252520rssmpku4cropeup.jpg

4.  Mengembangkan kemitraan.

https://lh3.googleusercontent.com/-bOlCisBLsqE/Via6rRVjzDI/AAAAAAAAAIM/q0uAEavFOyg/s640-Ic42/kalender%252520rssmpku5cropeup.jpg

5.  Mengupayakan biaya yang efesien.

https://lh3.googleusercontent.com/-GV3liCAABKY/Via8_La28zI/AAAAAAAAAIk/SWhtW29N4VE/s640-Ic42/kalender%252520rssmpku6cropeup.jpg

 


 

1. MEMBERIKAN PELAYANAN PRIMA YANG BERORIENTASI PADA KESELAMATAN PASIEN

Pelayanan Prima adalah pelayanan yang terbaik, sesuai dengan standar yang berlaku atau dimiliki oleh instansi yang memberi pelayanan sehingga memuaskan pihak yang dilayani  (pelanggan) (LAN-RI 2004).

Keselamatan pasien (patient safety) rumah sakit adalah suatu sistem dimana rumah sakit membuat asuhan pasien lebih aman. (Panduan Nasional Keselamatan Pasien Rumah Sakit -   Depkes RI 2006).

Rumah Sakit Santa Maria senantiasa berupaya memberikan pelayanan yang terbaik sesuai dengan SPO (Standar Prosedur Operasional) yang ditetapkan kepada seluruh pasien,baik pasien  rawat inap maupun rawat jalan. Semua jenis pelayanan tersebut berpusat pada pasien dan berorientasi pada keselamatan pasien.

 

Enam Sasaran Keselamatan Pasien yang diterapkan di RS Santa Maria :

 

2. MENINGKATKAN PROFESIONALISME SUMBER DAYA MANUSIA

Dalam memberikan pelayanan yang bermutu dibutuhkan Sumber Daya Manusia yang profesional. Profesionalitas tersebut selalu harus ditingkatkan. Upaya yang telah ditempuh antara lain dengan pelatihan internal dan eksternal bagi karyawan, pemantauan secara berkesinambungan dan evaluasi. Evaluasi diperoleh selain dari atasan dan rekan kerja juga dari pasien dan  keluarganya melalui wawancara langsung dan kuisioner.

 

3. MENINGKATKAN SARANA DAN PRASARANA

Sarana didefinisikan sebagai segala sesuatu benda fisik yang dapat tervisualisasi oleh mata maupun teraba panca indera dan dengan mudah dapat dikenali oleh pasien, biasanya merupakan bagian dari suatu bangunan gedung (pintu, lantai, dinding, tiang, dan peralatan) ataupun bangunan itu sendiri.

Sedangkan prasarana adalah seluruh jaringan/instalasi yang membuat suatu sarana bisa berfungsi sesuai dengan tujuan yang diharapkan, antara lain, instalasi air bersih dan air kotor, instalasi listrik, gas medis, komunikasi, pengkondisian udara, dll.

 

4. MENGEMBANGKAN KEMITRAAN

Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan, Rumah Sakit Santa maria menjalin kemitraan dengan banyak pihak, baik Perhimpunan Rumah Sakit, Organisasi Profesi dan lembaga kemasyarakatan lainnya.

 

5. MENGUPAYAKAN BIAYA YANG EFISIEN

Disamping mengupayakan tarif yang terjangkau bagi masyrakat, Rumah Sakit Santa Maria menjalankan prinsip-prinsip yang terkandung dalam Good Coorporate Governance, khususnya dalam hal biaya :

1.     Tidak meminta DP/uang muka dari pasien untuk pelayanan apapun, termasuk pelayanan di Intensive Care Unit.

2.     Lebih dari 50% kapasitas rumah sakit adalah kelas III.

 


fan page RS. Santamaria Pekanbaru twitter RS. Santamaria Pekanbaru
Copyright ©2015 RS. Santa Maria Pekanbaru. All Rights Reserved.